Pelatihan Flebotomi Dasar ANGKATAN 3 & Uji kompetensi DPC PATELKI Kota Balikpapan

Untuk meningkatkan kompetensi flebotomi bagi Ahli Tenaga Laboratorium Medik demi mewujudkan pelayanan laboratorium yang bermutu. DPC PATELKI Kota Balikpapan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Flebotomi Dasar ANGKATAN 3 & Uji kompetensi


Flebotomi adalah proses berkaitan dengan kegiatan mendapatkan spesimen darah dari pasien untuk diperiksa secara laboratorium. Di dalam tindakan flebotomi, seorang flebotomis (pelaksana flebotomi) perlu mengetahui darah apa yang akan diambil, peralatan apa yang akan dipakai, dibagian anatomi mana mengambilnya, adakah iv-line yang sudah terpasang, bagaimana mencegah infeksi, bagaimana mencegah atau mengurangi rasa sakit, bagaimana berkomunikasi dengan pasien - termasuk memperoleh persetujuannya, bagaimana prosedur pelaksanaan yang benar agar tepat mengenai vena, dan faktor keselamatan (safety). Oleh karena itu seorang flebotomis haruslah seorang yang kompetensi dan kewenang, bagaimana prosedur standarnya, supervisi, dan antisipai serta tanggungjawab atas risiko yang mungkin terjadi dari tindakan flebotomi. Flebotomis dapat dilakukan oleh Ahli Teknologi Laboratorium Medik serta perawat terlatih dan tersertifikasi sesuai standar.

Flebotomis berperan penting dalam keberhasilan proses analitik laboratorium medik, keberhasilan flebotomis dalam mendapatkan sampel darah yang berkualitas akan berpengaruh penting pada kualitas hasil pemeriksaan Laboratorium medik secara keleseluruhan, garbage in garbage out, good samples will produce quality results.


Pelatihan Flebotomi Dasar ini ditujukan untuk membekali pengetahuan, keterampilan dan sikap para Ahli Teknologi Laboratorium Medik atau tenaga kesehatan lainnya sebagai flebotomis yang mengacu kepada SKKNI nomor 170 tahun 2018 tentang Standar Kerja Nasional Ahli Teknologi Laboratorium Medik dengan kompetensi flebotomi dasar yaitu melakukan flebotomi vena dan kapiler. Dengan pelatihan ini diharapkan para flebotomis dapat melaksanakan tugasnya secara terstandar dan berkualitas.


Sasaran kegiatan pelatihan flebotomi Angkatan ke-3 ini adalah :
  1. Ahli Teknologi Laboratorium Medik
  2. Perawat
Tujuan pelatihan Flebotomi Dasar bagi profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik dan Perawat adalah:
  1. Membekali peserta tentang flebotomi dasar sesuai SKKNI Nomor 170 Tahun 2018
  2. Meningkatkan kompetensi peserta dalam teknik flebotomi dasar sesuai standar SKKNI Nomor 170 Tahun 2018
Pelatihan Flebotomi Dasar ANGKATAN 3 & Uji kompetensi DPC PATELKI Kota Balikpapan ini di selenggarakan pada tanggal 20-24 Juli bertempat di Equator Ballroom Astara Hotel Balikpapan.


Untuk melihat semua dokumentasi foto dan video kegiatan ini silahkan KLIK DISINI


Subscribe to receive free email updates: