WEBINAR CEGAH DAN KENDALIKAN DIABETES MELITUS-DPC PATELKI BALIKPAPAN

 



Tentang Webinar
Diabetes adalah penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah (atau gula darah), yang seiring waktu menyebabkan kerusakan serius pada jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, dan saraf. Yang paling umum adalah diabetes tipe 2, biasanya terjadi pada orang dewasa, yang terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin atau tidak menghasilkan cukup insulin. Dalam 3 dekade terakhir, prevalensi diabetes tipe 2 telah meningkat secara dramatis di negara-negara dengan semua tingkat pendapatan. Diabetes tipe 1, dulu dikenal sebagai diabetes remaja atau diabetes tergantung insulin, adalah suatu kondisi kronis di mana pankreas memproduksi sedikit atau tidak sama sekali insulin. Terdapat target yang disepakati secara global untuk menghentikan peningkatan diabetes dan obesitas pada tahun 2025.

Sekitar 422 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, sebagian besar tinggal di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, dan 1,5 juta kematian disebabkan oleh diabetes setiap tahunnya. Jumlah kasus dan prevalensi diabetes terus meningkat selama beberapa dekade terakhir. Tingginya angka prevalensi diabetes menjadi perhatian penting bagi dunia kesehatan, tidak terkecuali teknologi laboratorium medik.

Kondisi di atas yang kemudian melatarbelakangi DPC PATELKI Balikpapan untuk memberikan penyegaran seputar penyakit diabetes, salah satunya adalah pencegahan dan pengendalian diabetes dengan mengambil contoh program BAHIMAT (Balikpapan Hidup Manis Tanpa Gula) yang telah secara konkrit diimplementasikan oleh Dinas Kesehatan Kota Balikpapan. Penyegaran juga dibutuhkan untuk membuka wawasan mengenai peranan dan kendali mutu laboratorium berkenaan dengan skrining, diagnosis dan monitoring penyakit diabetes. Selain itu, mispersepsi tentang mitos-mitos pencegahan dan pengelolaan diabetes dari aspek gizi di masyarakat juga perlu diluruskan menggunakan fakta-fakta ilmiah dari ahli yang kompeten. Diharapkan dengan adanya penyegaran ini, tenaga kesehatan yang menjadi sasaran kegiatan akan dapat meningkatkan peran sertanya dalam implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2015 tentang Penanggulangan Penyakit Tidak menular.

Target Peserta
 Semua Profesi Nakes
 Semua Profesi Lainnya

Materi
Materi 1
  • "Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diabetes melalui Program BAHIMAT" oleh drg. Ahmad Jais, M.H., M.A.R.S. (Kabid P2P Dinkes Kota Balikpapan)

Materi 2
  • "Pemeriksaan Laboratorium Medik untuk Skrining, Diagnosis dan Monitoring Penyakit Diabetes" oleh Dr. Miswar Fattah, M.Si (Head of Research and Specialty Test Development - Prodia)

Materi 3
  • "Kendali Mutu Pemeriksaan Laboratorium untuk Penegakkan Diabetes Melitus" oleh Adi Darma Aprianda, S.Tr.Kes, QSEP® (Tim Mutu Labkesda Balikpapan)

Materi 4
  • "Mitos dan Fakta Penyakit Diabetes dari Aspek Gizi" oleh dr. Martin Ayuningtyas Wulandari, Sp.GK, M.Kes (Dokter Spesialis Gizi Klinik RS dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan)

Tujuan Webinar
  1. Tujuan kegiatan webinar ini adalah:Meningkatkan wawasan mengenai pencegahan dan pengendalian penyakit diabetes.
  2. Meningkatkan wawasan mengenai peranan laboratorium medik dalam skrining, diagnosis dan monitoring penyakit diabetes.
  3. Meningkatkan wawasan mengenai kendali mutu pemeriksaan laboratorium penyakit diabetes.
  4. Meningkatkan wawasan dokter, perawat, bidan, dan nutrisionis terkait edukasi dalam pencegahan dan pengelolaan diabetes dari aspek ilmu gizi.
Kompetensi
Kompetensi yang ingin dicapai dari kegiatan webinar ini adalah peserta dapat :Menerapkan pencegahan dan pengendalian penyakit diabetes melalui program BAHIMAT
Memahami Pemeriksaan laboratorium medik untuk skrining, diagnosis dan monitoring penyakit diabetes.
Menerapkan Kendali Mutu Pemeriksaan Laboratorium untuk Penegakkan Diabetes Melitus.
Memahami mitos dan fakta penyakit diabetes dari aspek gizi.

Tanggal Pelaksanaan
Minggu, 23 Juni 2024 pukul 08:30 s/d Rabu, 26 Juni 2024 pukul 00:59

Petunjuk Teknis WEBINAR
Berikut adalah teknis pelaksanaan webinar besok (Minggu, 23 Juni 2024 pukul 08.00 WIB s/d selesai)
  1. Peserta dapat mengikuti materi webinar melalui link Zoom berikut https://us06web.zoom.us/j/83828822843 (dengan kapasitas 1000 peserta)
  2. Apabila kapasitas Zoom telah penuh, maka peserta dapat mengikuti materi webinar melalui streaming YouTube berikut  https://youtube.com/live/oxd3ZumWvc8?feature=share dan https://www.youtube.com/live/CwFfyz9KVac?si=QSljMtfmDxWRInam
  3. Peserta WAJIB klik MULAI BELAJAR pada masing-masing akun LMS Plataran Sehat milik peserta dan menyelesaikan semua tahap pembelajaran hingga memberikan rating kegiatan dan status berubah menjadi SELESAI
Download Materi


Subscribe to receive free email updates: